Shaum Bukan Puasa

Oleh : Tatang Khoerudin

Sudah lebih dari sepekan umat Islam melaksanakan ibadah shaum ramadhan, untuk beberapa orang, shaum kali ini mungkin sudah merupakan yang kesekian kalinya, bukan hanya belasan tapi puluhan kalinya. Walaupun demikian, ramadhan tetap merupakan hal yang ditunggu.

Terlepas dari itu, ada satu hal yang sangat mendasar yang mampu mempengaruhi keadaan psikologis kita saat melaksanakan shaum, hal ini biasanya tidak terasa bahkan dianggap bukanlah sebuah kekeliruan, yang lebih memprihatinkan, kekeliruan ini kerap dilakukan pemakaiannya oleh agen paling laris dalam mempengaruhi masyarakat seperti media elektronik dan media cetak.

Kekeliruan yang dimaksud adalah kekeliruan masyarakat dalam pemakaian kata puasa yang disandarkan pada bulan ramadhan. Hal ini merupakan kekeliruan yang dapat mempengaruhi keadaan psikis masyarakat dan juga bias berambas besar bagi kemurnian ibadah shaum kita.

Bila melihat pada kamus, atau beberapa sumber bacaan, kata puasa berasal dari kata “upawasa” yang digunakan oleh umat Hindu untuk salahsatu peribadatan mereka, upawasa berarti “menyiksa diri”, sehingga bentuk dari peribadatan itu sendiri memang bermotif dan bertujuan untuk menyiksa si pelaku itu sendiri, karena itu kita sering mendengar da puasa yang dilakukan selama 40 hari 40 malam, yang didalamnya full dilarang makan, minum, hingga melakukan aktifitas suami istri.

Sedangkan kata shaum atau shiyam, yang digunakan di dalam Islam, berasal dari bahasa arab Shaama-Yashuumu yang berarti menahan, lebih rincinya lagi menahan dari makan, minum, jima’ dan yang lainnya pada waktu siang hari dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari. (Al-Asqalani, 2: 150, Sabiq, 1995: 319). Dari pengrtian diatas jelas perbedaan antara makna puasa dan shaum.

Selain dari segi makna, dari segi realita pun puasa dengan shaum ada beberapa berbedaan. Pertama, dalam puasa tidak dperbolehkan berbuka pada waktu malam, sebaliknya, di dalam Islam ketika shaum justru dilarang melakukan wishal  (tidak berbuka) (HR Muttafaq Alaih). Kedua, di dalam puasa atau upawasa tidak boleh makan, minum, dan bercampur pada waktu malam, meski itu selama 40 hari berturut-turut, sedangkan di dalam Islam, ketika shaum, kita boleh makan, minum, bahkan melakukan hubungan suami istri pada waktu malamnya, termasuk di bulan ramadhan ini. Sebagaimana Allah telah berfirman dalam Q.S Al-Baqarah ayat 187:
“dihalalkan bagimu pada malam hari shiyam bercampur dengan istrimu. Mereka adalah pakaian bagimu, dan kamu pakaian bagi mereka … Makan dan minumlah hingga jelas bagimu (perbedaan) benang putih dan benang hitam, yaitu fajar….”

dan ketiga, dengan tidaknya makan dan minum dalam waktu yang lama seperti dilakukan ketika puasa, tentu akan merusak dan mengurangi daya tahan tubuh, sedangkan di dalam Islam dengan shaumnya, Rasulallah mengatakan bahwa dengan shaum kita akan menjadi sehat.

Dengan perbedaan ini, tentunya kita selaku umat Islam harus membiasakan diri melakukan segala syariatnya dengan menyeluruh, termasuk dalam hal penamaan amalan ibadah kita, karena sekali lagi penamaan pun akan memberikan dampak pada keadaan psikis, dengan menamakan puasa, maka image dari ibadah shaum di bulan ramadhan pun menjadi jelek, sebuah ajang penyiksaan diri yang tentunya bagi anak-anak dan orang awam akan menjadi salah satu penyebab enggannya mereka shaum di bulan mulia ini. Tetapi dengan menggunakan kata shaum, selain menggunakan bahasa yang seharusnya, semangat dalam penunaiannya dan mengharap ridha dari Allah menjadi bertambah. Ini menjadi tanggung jawab kita semua, bukan hanya umat Islam secara khusus, media massa yang terlibat dengan aktifitas shaum pun sama, mengingat peran dari media sendiri yang begitu besar, karena kita harus berhati-hati menjaga kesucian ibadah shaum ramadhan kita, karena balasan dari shaum Allah sendiri yang tahu dan menentukannya. Wallahu A’lam (Ar/11)

0 komentar:

Copyright © 2012 DKM Al Mushlih FIB Unpad